SEKILAS INFO
: - Sabtu, 01-10-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
QURBAN DI YAYASAN AL HIKMAH TEGAL

Al Hikmah Tegal. Pelaksanaan Qurban di Yayasan Al Hikmah Tegal (YAT) telah berjalan dalam beberapa tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 ini, YAT kembali mendapatkan amanah titipan hewan qurban dari beberapa jamaah, yakni 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Kami, atas nama Pengurus Yayasan Al Hikmah Tegal, senantiasa bersyukur atas amanah tersebut.  Jazakumullah Khairan katsiran. Semoga Allah SWT membalas dengan balasan yang terbaik.

 

Pelaksanaan

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adhha tahun 2022 jatuh pada hari Minggu yang bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2022.

Dengan adanya keputusan tersebut, maka pelaksanan Qurban di Yayasan Al Hikmah Tegal juga dilaksanakan pada hari Minggu pagi. Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 wib dan selesai sekitar pukul 14.00 wib. Pada relawan dari para santri, Asatidz dan partisipan warga sekitar tampak gercep dalam proses kegiatan tersebut. 

 

Distribusi Daging Qurban

Selanjutnya, daging didistribusikan kepada para santri yang berjumlah 250-an. Adapun sisanya dibagikan kepada para warga sekitar TPQ. Guna kemudahan proses pendistribusian daging, para santri 2 hari sebelumnya telah mendapatkan kartu qurban sebagai syarat pengambilan daging. Dengan pola ini, Alhamdulillah pelaksanaan distribusi daging qurban berjalan dengan lancar dan tertib.

 

Syariat dan Hikmah Qurban

Sebagaimana telah kita pahami  sesama bahwa syariat qurban tak lepas dari sejarah Nabi Ibrahim dan putranya (Nabi Ismail). Sebuah syariat yang penuh makna dan hikmah dalam praktek kehidupan, baik dalam beragama, berkeluarga maupun dalam bersosial.

Allah SWT dalam surat Al Hajj ayat 37 telah berfirman :

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Dengan demikian, berqurban tak hanya berlandaskan kekuatan materil, namun yang lebih penting adalah landasan ketaqwaan. Dengan demikian, ibadah berqurban mampu menjadikan seorang hamba (yang berqurban) dekat dengan Sang Ilahi.

Ibadah berqurban mempunyai banyak dimensi hikmah, antara lain:

  • sarana mendekatkan diri kepada Allah SAW melalui jalan keimanan dan ketaqwaan;
  • meneladani akhlak mulia Nabi Ibrahim dalam praktek kehidupan beragama, pendidikan keluarga maupun bersosial;
  • menumbuhkan kesolihan individual dan sosial; dan
  • mempertajam orientasi kehidupan akhirat.

Semoga kita semua tak hanya mampu memahami ibadah qurban sebagai rutinitas tahunan, namun juga mampu menjadikannya sebagai sarana memperbaiki hubungan vertikal (dengan Allah) dan horisontal (sesama manusia).

Terkhusus bagi kaum muslim/h yang telah berqurban semoga Allah SWT menerima segala amal ibadahnya dan senantiasa dalam keberkahan hidup. Aamiin.

Tak lupa Kami ucapkan terima kasih kepada para relawan yang ikut andil dalam proses kegiatan berqurban di Al Hikmah Tegal sehingga dapat berjalan dengan lancar. Admin.

 

Kunjungi juga :

 

Pengumuman

Dibuka, Pendaftaran PAUD TPQ AL-HIKMAH

Pekan Semester Ganjil TPQ Al Hikmah Tegal 2021

Pembelajaran TPQ Al Hikmah Pasca PPKM Kota Tegal