SEKILAS INFO
: - Rabu, 21-02-2024
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Penerimaan Rapor Semester Gasal 2022

Al Hikmah Tegal. Telah dilaksanakan penerimaan rapor semester ganjil TPQ Al Hikmah Kelurahan Kalinyamat Kulon tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 17-18 Desember 2022. Acara berjalan dengan tertib dan lancar sesuai agenda yang direncanakan.

Perlu diketahui bahwa kegiatan penerimaan rapor tersebut merupakan bentuk laporan dari TPQ kepada orang tua santri setelah sebelumnya para santri mengikuti ujian semester dari tanggal 07-13 Desember 2022.

Tampak berbeda kegiatan tersebut pada tahun ini. Kenapa ? Pada acara ini, sebelum dilanjut dengan pembinaan oleh kepala TPQ, kegiatan di buka dengan tartilan Surat An Naba’ – An.Nazi’at secara bil ghaib (hafalan) oleh para santri kelas Juz Amma.

Seremoni tahfidz di depan para orang tua santri bertujuan untuk mengsosialisasikan program integrasi Tahfidz dalam kurikulum TPQ. Maksudnya adalah nantinya para santri TPQ Al Hikmah setelah dinyatakan lulus, tidak hanya mahir dalam membaca Qur’an tapi juga telah hafal juz 30.

Dalam realisasinya, guna efektifitas hasil program Tahfidz maka diperlukan kerjasama yang harmonis antara lembaga dan orang tua. Orang tua dituntut sama-sama memperhatikan kegiatan santri saat di rumah agar hafalannya tetap terjaga. 

Acara dilanjut dengan sambutan dan pengarahan dari Kepala TPQ. Beberapa hal penting yang disampaikan diantaranya :

  • Upaya peningkatan mutu lulusan, terus diupayakan salahsatunya dengan integrasi Tahfidz Juz 30 dalam kurikulum TPQ
  • Para santri lama yang mendapatkan Ranking 1 diberi kompensasi pembebasan Syahriyah 1 bulan (bulan Juli 2023)
  • Orang tua wajib mempunyai kepedulian yang sama tentang pentingnya penanaman pendidikan agama, khususnya Al Qur’an
  • Rapor yang sudah diterima orang tua agar ditandatangani dan dikembalikan pada waktu yang sudah ditentukan.
  • Tabungan khataman agar diaktifkan kembali guna meringankan besar infak tiap santri pada khataman tahun 2023 yang besarnya infak tersebut akan di tentukan kemudian hari.
  • Informasi pendaftaran santri baru TPQ tahun 2023, bahwa mulai tahun 2023 waktu pendaftaran akan ditentukan pada bulan Januari-Pebruari untuk gelombang 1, dan bulan Juni-Juli untuk gelombang 2.

Dengan adanya komunikasi yang terus menerus, maka diharapkan pembelajaran akan berjalan lebih efektif. Admin

Pengumuman

Penerimaan Santri Baru TPQ Al Hikmah Tahun 2023

Dibuka, Pendaftaran PAUD TPQ AL-HIKMAH

Pekan Semester Ganjil TPQ Al Hikmah Tegal 2021