SEKILAS INFO
: - Minggu, 14-04-2024
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Khatmil Quran 2023

Al Hikmah Tegal. Telah dilaksanakan Khatmil Quran dan Wisuda angkatan ke XXII TPQ Al Hikmah pada tanggal 19 Juli 2023. Serangkaian pra acara hingga pelaksanaan acara inti (Haflah). Secara keseluruhan,  alhamdulillah acara berjalan dengan lancar.

 

Kegiatan Khatmil Quran

Semarak kegiatan Khatmil Quran diawali dengan berbagai kegiatan seperti pembinaan nominasi Khotimin, ujian akhir, latihan pentas seni santri, dan lomba-lomba. Kagiatan ini merupakan kegiatan rutin yang pelaksanaannya jatuh pada tiap awal tahun baru Hijriyah (Muharram).

 

Wisudawan 2023

Jumlah wisudawan angkatan ke 22 terdiri dari 22 wisudawan Quran dan 32 wisudawan Juz Amma. Mereka dinyatakan LULUS setelah sebelumnya mengikuti ujian akhir.

Untuk pelaksanaan ujian akhir Juz Amma dilaksanakan oleh Dewan Asatidz TPQ. Sedangkan ujian akhir Quran oleh Koordinator Pusat Metode Tilaawati Tegal.

 

Pentas Seni Santri

Sebagai media pengekspresian bakat minat para santri TPQ, sebelum acara inti, para santri juga unjuk kebolehan melalui pentas seni islami, diantaranya tarian islami, sholawat, rebana, Nadzom Aqidatul Awam, dan lain-lain.

Penas seni santri pada tahun ini dilaksanakan pada hari Senin, 17 Juli 2023 pukul 13.30-16.00 wib. Melalu kegiatan ini, para santri juga dapat mengasah potensi diri dan diharapkan mampu menumbuhkan motivasi belajar mereka di TPQ Al Hikmah

 

Karnaval Tahun Baru Islam

Karnaval tahun baru Islam 1445 jatuh pada malam Rabu, 18 Juli 2023. Satu hal yang menjadikan acara Khatmil Quran di TPQ Al Hikmah berbeda dengan tempat lain adalah adanya kegiatan karnaval tahun baru hijriayah. Ini dikarenakan pelaksanaan Khatmil Quran bertepatan dengan momentum datangnya penanggalan baru bulan Muharram.

Acara karnaval tahunan ini terlihat lebih meriah, mampu menyedot perhatian masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang setia menunggu dipinggiran jalan guna menyaksikan peserta karnaval.

Suasana kemeriahan karnaval sangat terasa. Banyak warga yang terlibat dalam kegiatan ini dengan mempertunjukkan hasil kreasi mereka seperti replika hewan yang dapat ditunggangi anak-anak. Kemeriahannya semakin sempurna dengan adanya peserta yang membawa gunungan buah.

Karnaval Santri Al Hikmah

Kemeriahan karnaval tahun baru Hijriyah

Gunungan buah tersebut kemudian diperebutkan peserta karnaval sesampainya di tempat finish dan telah dibacakan doa-doa oleh Pengasuh Yayasan. Gunungan buah merupakan simbolisasi kemakmuran masyarakat yang perlu dipahami secara arif sebagai warisan budaya lokal.

 

Acara Haflah Khatmil Quran

Puncak Haflah Khatmil Qur’an dilaksanakan pada hari Rabu pagi, 19 Juli 2023. Acara inti dihadiri oleh KH. Ahmad Muhdzir, S.Ag, M.M. selalu Kepala Kememag Kota Tegal, dan Qari legendaris KH. Muammar Zainal Asyikin dari Bogor.

Muammar ZA

Gema Kalam ilahi oleh KH. Muammar ZA

Kehadiran kedua tamu kehormatan tersebut memberikan kesan yang berbeda dibandingkan acara serupa pada tahun sebelumnya. Kemasan acara terkesan wah dan mewah, sehingga mampu menghipnotis para pengunjung lebih khidmat dalam mengikuti acara hingga akhir.

 

Uji Ulang

Segmen kegiatan Khatm Quran yang wajib adalah adanya uji ulang wisudawan. Salah satu yang berbeda pada tahun ini adalah bahwa untuk wisudawan Juz Amma di uji langsung oleh KH. Ahmad Muhdzir Al Hafidz selaku Kepala Kementerian Agama Kota Tegal.

Uji ulang wisudawan

Uji ulang oleh Kepala Kemenag Kota Tegal

Sebuah kehormatan, Beliau berkenan menguji para wisudawan Juz Amma. Beberapa wisudawan diuji kemampuan hafalan Juz Ammanya. Tampak ada yang grogi sehingga terkesan kurang lancar, namun ada juga yang sangat lancar.

Sementara itu,  untuk wisudawan golongan Quran di uji ulang oleh Koordinator Pusat Metode Tilaawati berkaitan dengan bacaan Qur’an, hafalan dan prakte

Tampak juga sebagian terlihat grogi dalam menjawab tiap pertanyaan. Hal ini tentu dapat dimaklumi karena tak mudah diuji ulang di depan khalayak ramai. Namun kegrogian itu mulai memudar karena adanya guyonan ringan Penguji.

 

Penutup

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan acara Haflah Khatmil Quran dan Wisuda angkatan Ke 22 TPQ Al Hikmah Tegal. Admin

 

Sumber tulisan :

website Al-Hikmah.com

Dokumentasi Kegiatan

Pengumuman

Penerimaan Santri Baru TPQ Al Hikmah Tahun 2023

Dibuka, Pendaftaran PAUD TPQ AL-HIKMAH

Pekan Semester Ganjil TPQ Al Hikmah Tegal 2021