SEKILAS INFO
: - Minggu, 14-04-2024
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Kehadiran Qari Legendaris KH. Muammar ZA di Al Hikmah Tegal

Tahun 2023 merupakan tahun istimewa bagi Yayasan Al Hikmah Tegal. Karena dalam Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H dan Wisuda TPQ Al Hikmah angkatan ke XXII tahun 2023,  Qari legendaris KH Muammar ZA hadir memenuhi undangan panitia dalam kegiatan tersebut.

 

Mengenal Qari Muamar ZA

Qari Muammar ZA, lahir dengan nama lengkap Muammar Zainal Asyikin pada tanggal 14 Juni 1954 di Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Dia mulai belajar membaca Al-Quran sejak usia muda dan menunjukkan bakat luar biasa dalam qira’at. Pada usia yang masih relatif muda, dia sudah dikenal dengan kualitas bacaannya yang memukau.

Pada tahun 1980, Muammar ZA menjadi juara pertama dalam Kejuaraan Tilawah Al-Quran Nasional di Indonesia. Prestasi ini membantunya mendapatkan perhatian lebih lanjut dan menjadikannya qari terkenal di dalam dan luar negeri. Dia juga pernah tampil dalam berbagai kompetisi qira’at internasional.

Selain menjadi qari, Muammar ZA juga terlibat dalam kegiatan dakwah dan pengajaran Al-Quran. Dia sering memberikan ceramah dan kuliah tentang bacaan Al-Quran serta makna-makna dalam ayat-ayatnya. Dia telah menjadi panutan bagi banyak orang yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang Al-Quran.

Sepanjang kariernya, Qari Muammar ZA telah merekam banyak bacaan Al-Quran yang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Pengaruhnya dalam dunia qira’at dan penghafalan Al-Quran masih terus dirasakan oleh banyak orang.

 

Kehadiran Muammar ZA di Al Hikmah Tegal

Pada tahun 2019, Yayasan Al Hikmah berencana mengundang Qari bertaraf nasional bahkan internasional, namun karena faktor Pandemi Covid-19, rencana tersebut tertunda.

Dan Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini, Kami dapat mengundang KH Muammar ZA dalam peringatan Tahun Baru Islam 1445 H dan Wisuda ke 22 TPQ Al Hikmah Tegal pada hari Rabu, 19 Juli 2023 yang bertepatan dengan 1 Muharram 1445 H.

Kini, beliau memasuki usia 68 tahun. Meski sudah berumur, namun suaranya masih terdengar sangat merdu dan masih mampu melengking tinggi.

Tentu, menjadi kehormatan bagi kami, karena kehadirannya membawa pesan mendalam dalam rencana pengembangan Yayasan Al Hikmah Tegal menjadi lembaga pendidikan Islam kedepannya.

Beliau juga merasa berkesan saat hadir memenuhi undangan Kami karena merasa berkumpul dengan orang-orang yang sedang mempelajari Quran.

Kehadiran Beliau di Yayasan Al-Hikmah Tegal diharapkan menjadi energi bagi Pengurus Yayasan untuk terus bergerak mengeksiskan lembaga kedepan. Aamiin.

Dokumentasi Kegiatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Penerimaan Santri Baru TPQ Al Hikmah Tahun 2023

Dibuka, Pendaftaran PAUD TPQ AL-HIKMAH

Pekan Semester Ganjil TPQ Al Hikmah Tegal 2021