SEKILAS INFO
: - Selasa, 25-06-2024
  • 3 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Adab Santri Terhadap Gurunya

Adab santri terhadap gurunya sangat penting dalam tradisi keilmuan Islam. Santri diharapkan menghormati, patuh, dan sopan terhadap gurunya sebagai bentuk penghormatan terhadap ilmu yang diberikan.

Adab santri terhadap gurunya mencakup berbagai aspek. Secara rincian, aspek tersebut seperti :

1. Sikap Hormat

Santri diajarkan untuk menghormati gurunya sebagai pembimbing ilmu dan spiritual. Hal ini tercermin dalam tutur kata yang sopan dan sikap hormat saat berinteraksi dengan guru.

2. Kedisiplinan dalam Pembelajaran

Santri diharapkan memiliki kedisiplinan tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran. Ini mencakup ketepatan waktu, ketertiban, dan keterlibatan aktif dalam pelajaran.

3. Sikap Mendengarkan

Santri sebaiknya memperlihatkan sikap mendengarkan yang baik saat guru sedang memberikan pengajaran. Keaktifan dalam mendengarkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan.

4. Patuh Terhadap Arahan

Adab santri juga mencakup ketaatan/ patuh terhadap arahan dan petunjuk guru. Ini mencerminkan ketaatan terhadap otoritas ilmiah dan spiritual yang dipegang oleh guru.

5. Bersikap Baik dan Ramah

Santri diajarkan untuk bersikap baik, ramah, dan santun dalam pergaulan sehari-hari. Ini menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung.

6. Kasih Sayang dan Penghargaan

Santri seharusnya memperlakukan guru dengan kasih sayang dan penuh penghargaan. Menghargai kontribusi guru dalam membimbing mereka menuju keilmuan dan kebaikan spiritual.

7. Doa untuk Guru

Adab santri juga mencakup doa yang tulus untuk keselamatan, kesehatan, dan keberkahan bagi guru. Doa merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan atas peran penting guru dalam pembentukan karakter santri.

Pentingnya adab santri terhadap gurunya tidak hanya dalam konteks pembelajaran formal, tetapi juga sebagai bagian dari proses pembentukan karakter dan spiritualitas dalam pendidikan Islam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PERUBAHAN HARI LIBUR LEBARAN 1445 H

Penerimaan Santri Baru TPQ Al Hikmah Tahun 2023

Dibuka, Pendaftaran PAUD TPQ AL-HIKMAH