SEKILAS INFO
: - Sabtu, 01-10-2022
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Halal BI Halal Dan Musyawarah Khotmil Quran Ke 21 Tahun 2022

Al Hikmah Tegal. Telah dilaksanakan acara Halal Bi Halal dan Musyawarah Khotmil Quran ke-21 tahun 2022 TPQ Al Hikmah pada hari Rabu, 01 Juni 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wahana bagi lembaga mengkomunikasikan program kegiatan tahunan, yakni pelaksanaan Khotmil Quran. Komunikasi dengan orang tua dianggap penting karena menyangkut pembiayaan kegiatan yang terbilang besar.

Pada tahun 2022 ini, acara khotmil Quran jatuh pada tanggal 29-30 Juli 2022 yang bertepatan dengan tahun baru Hijriyah 1444 H.

Disamping membahas pelaksanaan khotmil Quran, kegiatan pertemuan orang tua ini juga sekaligus untuk acara Halal BI Halal orang tua santri dengan semua komponen Yayasan Al Hikmah Tegal.

Hadir dalam kegiatan ini, para orang tua santri, Pengurus Yayasan Al Hikmah Tegal, dewan Asatidz TPQ dan PAUD TPQ Al Hikmah.

Sebagai pembuka, KH. MAKHDUM Muttakin, S.Ag selaku Pengurus YAT menyampaikan bahwa, “Inti kegiatan halal bi halal adalah semua pihak dapat saling memaafkan dengan rasa tulus yang mendalam. Intinya itu,” demikian sambutnya.

Acara dilanjut dengan pembahasan anggaran kegiatan Khotmil Quran Ke 21 tahun 2022. Pembahasan anggaran dipimpin langsung oleh Kepala TPQ. 

Kepala TPQ menyatakan bahwa anggaran kegiatan Khotmil Quran tahun 2022 mengacu anggaran khotmil Quran tahun 2019.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2020, TPQ Al Hikmah tidak mengadakan Haflah Khotmil Quran dikarenakan masa pandemi. Sedangkan pada tahun 2021, Haflah dilaksanakan secara terbatas juga karena masih suasana pandemi covid-19, yakni hanya menghadirkan orang tua Khotimin dan dengan kemasan acara yang sederhana.

Sedangkan pada tahun 2022 ini, acara Haflah Khomil Quran akan dilaksanakan seperti pada acara Haflah sebelum pandemi, yakni diawali dengan Karnaval, Pentas Seni, dan Acara Inti. Untuk itulah anggaran kegiatan tahun 2022 mengacu pada anggaran tahun 2019 (sebelum pandemi).

Alhamdulillah telah disepakati besar infaq tiap santri untuk Khotmil Quran tahun 2022, baik untuk peserta khataman ataupun non peserta. Secara umum, besar infaq per santri tersebut tidak jauh beda dengan besar infak tahun 2019.

Dalam kesempatan ini, Kepala TPQ juga mengingatkan kepada orang tua agar memiliki kepedulian bersama akan pentingnya pendidikan agama, terkhusus pendidikan Al Qur’an.

“3 pihak yakni : Ustadz, Santri dan Orang Tua harus sama-sama memiliki perhatian besar terhadap pendidikan agama. Salah satu mereka tidak boleh lengah, agar hasilnya lebih maksimal, “, demikian sambutnya.

Akhir kata, semoga pelaksanan khotmil Quran tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar dan tentunya membawa kebermanfaatan dan keberkahan untuk kita semua. Aamiin. (Admin)

Pengumuman

Dibuka, Pendaftaran PAUD TPQ AL-HIKMAH

Pekan Semester Ganjil TPQ Al Hikmah Tegal 2021

Pembelajaran TPQ Al Hikmah Pasca PPKM Kota Tegal